Iklan

SEO
Senin, 23 September 2019, 23.9.19 WIB
Last Updated 2022-06-12T15:49:48Z
Berita-TerkiniNasionalPeristiwa

Ahmad Bambang Jadi Komisaris Utama Pelindo III, Gantikan Laksma TNI Hari Bowo

Iklan
Surabayapos.com - Usai dijabat Laksamana Madya TNI (Purn) Hari Bowo, kursi Komisaris Utama (Komut) PT Pelindo III (Persero) kini dijabat Ahmad Bambangi. Itu sesuai Surat Keputusan (SK) Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menempatkan Ahmad Bambang.


(SK) Menteri BUMN itu menunjuk Ahmad Bambang menggantikan Hari Bowo sebagai Komut perseroan kepelabuhanan pelat merah di Surabaya itu, dan ditandatangani Menteri BUMN, Rini Soemarno itu diserahkan langsung Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan, dan Pariwisata (ELKP) Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah kepada Ahmad Bambang di sela Rapat Kerja Kementerian BUMN di Yogyakarta, Jumat (20/9/2019).

"Selamat Bergabung Pak Ahmad Bambang, Komut Pelindo III," kutip laman resmi perseroan pelat merah tersebut.

Menandasi hal ini, VP Corporate Communications PT Pelindo III (Persero), Wilis Aji Wiranata tidak banyak berkomentar. Namun, dalam pesan WA-nya, Wilis yang dikonfirmasi hanya melempar alamat url berita terkait penggantian Komut Pelindo III dari Hari Bowo ke Ahmad Bambang.

Seperti ditulis laman resmi perseroan pelat merah tersebut, Ahmad Bambang yang akrab disapa Abe ini telah banyak berkecimpung dalam pengelolaan BUMN di Indonesia. Ia sudah berkarir di Pertamina sejak 1989. Di BUMN migas tersebut, Abe pernah menduduki berbagai jabatan strategis, termasuk di beberapa anak perusahaan Pertamina. 

Bahkan terakhir, Abe pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Utama (Wadirut) Pertamina. Kemudian pada 2017 lalu, ia dilantik Menteri BUMN sebagai Deputi Bidang Usaha Konstruksi, Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN.

Hari Bowo selama menjabat sebagai Komisaris Utama Pelindo III telah membawa BUMN maritim tersebut untuk tidak hanya mengoperasikan pelabuhan untuk bisnis logistik, melainkan juga berperan dan mengabdi pada masyarakat di pulau-pulau terdepan Indonesia. 

Terbukti, Pelindo III getol membangun sejumlah terminal penumpang yang representatif di pelabuhan-pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Selain itu, atas perannya dalam pengelolaan pelabuhan, Pelindo III juga memiliki hubungan yang sangat baik dan bersatu dengan berbagai pemangku kepentingan maritim setempat.

Susunan Dewan Komisaris PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) :

1. Ahmad Bambang (Komisaris Utama)

2. Wahju Satrio Utomo

3. Zainal Abidin

4. Heddy Lugito

5. Dedi Syarif Usman

Sumber : Pelindo III (Persero). (tji)
DomaiNesia