Iklan

SEO
Rabu, 04 September 2019, 4.9.19 WIB
Last Updated 2022-06-12T15:50:13Z
Berita-TerkiniRegionalRenungan

Danpom Lantamal V Ajak Prajurit dan Tahanan Maknai Tahun Baru Islam

Iklan
Surabayapos.com - Ini yang dilakukan oleh Komandan Polisi Militer (Danpom) Lantamal V, Kolonel Laut (PM) Joko Tri Suhartono untuk Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah. Bertempat di Masjid Al Hadi di Mako Polisi Militer Lantamal V, petinggi TNI AL itu mengajak personil di jajarannya untuk menyimak ajaran Islam melalui tausiyah, Selasa (3/9/2019).




Ia mengajak para prajurit dan juga tahanan di jajarannya untuk bersama-sama memaknai Tahun Baru Islam. 

"Peringatan Tahun Baru Islam yang diselenggarakan, bukanlah sekedar untuk memenuhi tradisi semata akan tetapi untuk menggali hikmah yang terkandung di dalamnya. Serta memaknai hal-hal di dalamnya untuk tidak hanya dilakukan di lisan saja namun dilakukan sepenuh hati," jelas Kolonel Joko Tri Suhartono.




Dia juga meminta kepada seluruh personel yang hadir untuk selalu ingat kepada sang pencipta Allah SWT. Sebelum mendengarkan Tausiyah, kegiatan diawali dengan pelaksanaan dzikir bersama yang dipimpin langsung oleh Ustadz M Yasin.

Suasana religius sangat terasa dengan lantunan Dzikir yang menggema di Masjid Al Hadi. Terlihat juga para prajurit POM Lantamal V yang berkonsentrasi penuh dalam dzikir bersama tersebut.

Peringatan Tahun Baru Islam sebagai wahana untuk intropeksi diri sejauh mana kita telah mengaktualisasikan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas kerja kedepan dengan berpedoman pada ajaran agama.

"Sesungguhnya esensi yang dapat kita petik pada acara ini adalah masalah pergantian dan perputaran waktu. Bahwa waktu akan senantiasa bergerak maju, dengan demikian manusia sebagai insan hamba tuhan akan selalu berpacu dengan waktu," jelasnya.

Lanjutnya, yang perlu mendapat perhatian adalah menjaga eksistensi nilai-nilai moral dalam kehidupan keprajuritan, yang memiliki kesadaran dan pemahaman bahwa kita merupakan bagian dari masyarakat dan mempunyai kewajiban yang sama dalam rangka mempertahankan NKRI.

Dilandasi oleh pemahaman tersebut, ia meminta setiap prajurit dan PNS harus memiliki kepedulian sosial terhadap lingkungan masyarakat di manapun berada. Serta dapat menjadi contoh dalam sikap dan perilakunya, sehingga mampu memberikan kontribusi yang positif kepada masyarakat dalam rangka menjalin persatuan dan kesatuan bangsa.

Dan, dengan disertakannya Warga Binaan Bintahmil dalam acara tersebut, Joko mengatakan hal ini juga merupakan salah satu bagian dari pembinaan kepada para tahanan yang ada di POM Lantamal V. 

"Kami ingin merefresh mereka dalam segi agama agar mereka semakin menyadari kesalahan yang telah dilakukan dan kedepan tidak akan mengulangi kesalahan yang sama," jelasnya.

Dalam tausiyahnya, Ustadz M Yasin menyampaikan bahwa salah satu amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT adalah sholat tepat waktu. Kemudian ingatkan setiap personel, di mana segala sesuatu yang ada didunia ini telah diatur secara rinci oleh Allah SWT.

Selanjutnya ia mengimbau para prajurit agar meneladani salah satu sifat Rasullah SAW yaitu sebagai orang yang dapat dipercaya. Bahwa orang beriman apalagi seorang prajurit harus bersemangat memberi kebaikan kepada orang lain walaupun hanya sedikit.

"Serta mintalah selalu pertolongan hanya kepada Allah SWT, tidak kepada yang lainnya," pungkas perwira tersebut.(tji)
DomaiNesia