Iklan

SEO
Kamis, 10 Oktober 2019, 10.10.19 WIB
Last Updated 2022-06-12T15:49:27Z
Berita-TerkiniRegional

Hadiri, Pesta Rakyat dan Artis Ibukota di HUT Prov Jatim ke-74

Iklan
SurabayaPos.com - Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Aries Agung Paewai membeber rangkaian HUT Provinsi Jawa Timur ke-74 tahun 2019, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu 12 Oktober 2019. Usai dilaksanakan upacara, dilanjutkan dengan berbagai gelaran kesenian dan sajian menu makanan gratis.


Aries menyebut, rangkaiannya diawali dengan ziarah ke makam mantan Gubernur Jatim pertama, Suryo di Magetan dan di Blitar.

"Peringatan HUT Provinsi Jatim ke 74, tahun 2019 ini diawali dengan melakukan ziarah ke makam Gubernur Suryo oleh Ibu Gubernur Khofifah dan Wagub Jatim. Kemudian, dilanjutkan dengan baksos di Kota dan Kabupaten Magetan dan Madiun, yakni digelar operasi katarak untuk warga kurang mampu," kata Aries di Ruang Wartawan Gedung Negara Grahadi, Kamis (10/10/2019).

Selanjutnya, pada tanggal 12 Oktober, dilaksanakan upacara peringatan HUT Provinsi Jatim ke 74, di Gedung Negara Grahadi, dimulai pukul 08.00 hingga 10.00 WIB. Kemudian, dilanjutkan tampilan kesenian dan beberapa tampilan lainnya.

"Ada Pesta Rakyat dengan berbagai menu sajian makanan khas Jatim, berbagai hiburan yang menghadirkan artis dari tiga generasi, ada Kla Projek, Tompi, God Bless," ujarnya.

Juga akan diberikan penghargaan kehormatan lencana Jer Basuki Mawa Beya kepada empat tokoh yang dinilai telah mendedikasikan kiprahnya membangun Jatim.

"Penghargaan kehormatan diberikan kepada Pangdam V Brawijaya, Bapak Kapolda, Bapak Kajati dan Pangarmada 2. Itu dari hasil penilaian tim di Pemprov Jatim. Beliau-beliau  dinilai telah memberikan banyak sumbangsih pengabdiannya bagi kemajuan Provinsi Jawa Timur,"  jelas Aries.

Pemberian penghargaan kehormatan itu merupakan inisiatif Gubernur Jatim agar menjadi momentum berbeda dan berkesan di upacara Hari Jadi Pemprov Jatim ke 74.

Rangkaian acara itu, di Pesta Rakyat, tersedia 50 ribu porsi menu kuliner gratis yang disediakan untuk warga Jatim, tepatnya pada 13 Oktober.

Untuk ketertiban, pengunjung yang datang diberikan 3 gelang berbeda warna untuk mendapatkan kuliner gratis. Serta, akan diperiksa, pertama untuk tidak meminum dan membawa minuman beralkohol. Kedua, tidak membawa senjata tajam.  "Jadi itu yang kita screening di beberapa sudut," jelas Aries.

Mulai tanggal 12 sampai 13, Jalan Gubernur Suryo akan diberlakukan  buka tutup, sifatnya tidak tutup total. Masyarakat dihimbau untuk  mengetahui jam buka tutup arus lintas selama acara perayaan hari jadi Pemprov Jatim ke 74 berlangsung.

Perinciannya adalah tanggal 12 jam 7 – 10 pagi jalan ditutup karena ada upacara, dan dibuka lagi pada jam 11 hingga 6 sore. Selanjutnya jam 7 sampai 12 malam ditutup kembali karena pemasangan properti acara, setelah itu pada tanggal 13 Jalan Gubernur Suryo dibuka lagi sampai jam 12 siang, dan ditutup total selama acara hiburan rakyat dan kuliner gratis selesai digelar.(tji)
DomaiNesia