Iklan

AdV
Kamis, 21 Juli 2022, 21.7.22 WIB
Last Updated 2022-07-21T08:23:46Z
Berita-NasionalBerita-TerkiniBerita-UtamaBeritaWargaPolitik

Hasil Survey ARCI, Elektabilitas Reni Astuti Ungguli Incumbent Menuju Senayan

Iklan


Rmol News
||Surabaya,- Hasil riset elektabilitas calon legislatif (caleg) DPR RI dari Dapil Jatim I (Surabaya-Sidoarjo) yang dilakukan oleh Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), diketahui caleg dari PDI-P masih mendominasi. Yang mengejutkan, muncul nama Reni Astuti sebagai caleg pendatang baru yang populer di mata masyarakat Jatim.

Direktur ARCI Baihaki Sirajt menyebut, elektabilitas Reni Astuti di Dapil Jatim I mengungguli incumbent dari berbagai partai dengan raihan sebesar 1,3%. Untuk popularitasnya mencapai 53,6%.

"Dari hasil riset kami, Reni Astuti cukup dikenal dan disebut oleh responden dalam bursa caleg DPR RI dari Dapil Jatim I. Dia mengungguli incumbent seperti Lucy Kurniasari, Indah Kurnia, Arzeti Bilbina, dan Sigit Sosiantomo masing masing sebesar 0,6 persen," beber Baihaki, Kamis (21/7).

Sedangkan lima teratas diduduki oleh Bambang DH (8,16%), Syaikul Islam (6,12%), Bambang Haryo (5,44%), Puti Guntur (4,08%), dan Adies Kadir (3,4%).

Baihaki menjelaskan, riset yang dilakukan ARCI setiap tiga bulanan ini dilakukan pada 25 Juni-10 Juli 2022 di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

ARCI menggunakan metodologi multistage random sampling dengan 1.200 responden. Riset ini memiliki margin of error sebesar kurang lebih 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Lebih lanjut, peneliti senior ini menambahkan bahwa perkembangan perilaku politik sangat mempengaruhi daya pilih para pemilih. Tokoh politik yang lebih peduli dan responsif terhadap permasalahan masyarakat membuat pemilih akan lebih mengenal sosok tersebut.

"Alasan masyarakat sederhana, mereka lebih memilih tokoh politik yang peduli dan responsif terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat. Reni Astuti dianggap tokoh yang seperti itu," kata dia.

Selain Reni Astuti, juga ada srikandi pendatang baru yang elektabilitasnya mentereng. Yakni, Lita Machfud Arifin (2,72%) dan Arumi Bachsin Emil Dardak (1,3%).

"Kalau dulu, di survey kami masyarakat lebih bersimpati kepada pemimpin yang merakyat, sekarang sudah ada pergeseran. Merakyat malah dianggap sebagai bahan pencitraan. Jadi masyarakat lebih suka dengan tokoh politik yang peduli," ungkap Baihaki.

Namun begitu, Reni Astuti yang saat ini duduk sebagai pimpinan DPRD Surabaya ini, elektabilitasnya masih cukup lemah di kawasan Sidoarjo. Sedangkan di seluruh dapil Surabaya, Reni mengantongi elektabilitas kisaran 3 persen.  

"Hal ini dikarenakan dia lebih banyak bergerilya di Surabaya sebagai wakil rakyat. Di Surabaya, peta kekuatan Reni paling tertinggi ada di dapil 3 dan 4," tuntas Baihaki.



Penulis : Alf

DomaiNesia