Iklan

SEO
Senin, 01 Agustus 2022, 1.8.22 WIB
Last Updated 2022-07-31T22:48:12Z
Berita-NasionalBerita-TerkiniBerita-UtamaInternasional

Ilmuwan Temukan 200 Lokasi di Bulan yang Berpotensi Jadi Pangkalan Astronot

Iklan

Foto Nasa mengenai misi pendaratan Apollo di bulan

Lokasi ini memiliki suhu yang konsisten 17 derajat Celcius.

JAKARTA -- Peneliti bulan percaya bahwa mereka telah menemukan daerah bulan yang lebih panas, serta 200 zona Goldilocks yang secara konsisten berada di sekitar suhu rata-rata di Bumi. Zona Goldilock adalah lokasi yang potensian untuk dihuni astronot di masa depan.

Bulan mengalami variasi suhu yang ekstrim. Beberapa daerah mencapai 127˚C pada siang hari dan -173˚C pada malam hari. 

Namun, 200 lubang bulan yang baru-baru ini diperiksa memiliki suhu konsisten 17˚C yang menjadikannya tempat ideal untuk berlindung dari panas terik. Selain itu, lokasi tersebut dapat melindungi astronot dari angin matahari, mikro meteorit, dan sinar kosmik. 

Para ilmuwan percaya bahwa gua-gua redup dan lubang-lubang yang sebagian teduh ini akan sempurna untuk pangkalan bulan.

"Bertahan di malam bulan sangat sulit karena membutuhkan banyak energi, tetapi berada di lubang dan gua ini hampir seluruhnya menghilangkan persyaratan itu," kata Tyler Horvath, seorang mahasiswa doktoral dalam ilmu planet di University of California, Los Angeles, dilansir dari Live Science, Ahad (31/7/2022).

Pengorbit SELENE (SELenological and ENGineering Explorer) yang dioperasikan oleh Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) menemukan lubang pertama di permukaan bulan pada tahun 2009. Kamera termal Diviner Lunar Radiometer Experiment pada robot NASA Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) digunakan untuk penelitian baru ini.

Dua hingga tiga dari 200 lubang yang ditemukan memiliki ceruk yang mengarah ke gua. Sebanyak 16 diantaranya tampaknya merupakan "langit-langit" tabung lava yang runtuh. Di Bumi, tabung lava adalah gua berongga yang ditemukan di dekat permukaan di daerah vulkanik. 

Dua lokasi tersebut adalah Tenerife di Kepulauan Canary dan Gua Kazumura di Taman Nasional Gunung Api Hawaii.

"Saat lahar mengalir, bagian atasnya memadat sementara lahar terus mengalir di bawahnya, di beberapa tempat lahar benar-benar mengevakuasi sepenuhnya dan meninggalkan tabung lava," kata Horvath.

Jika tabung lava runtuh, lubang dibuat yang bertindak sebagai "langit" ke rongga panjang. Ladang lava gelap yang terkenal di permukaan bulan yang dikenal sebagai "maria," yang merupakan bahasa Latin untuk "laut," dibentuk dengan metode yang sama miliaran tahun yang lalu selama letusan gunung berapi besar di bulan.

"Lubang-lubang ini kemungkinan terbentuk karena benturan kecil yang melubangi langit-langit tabung lava atau aktivitas seismik yang melemahkan langit-langit," kata Horvath.

Mare Tranquillitatis, sering dikenal sebagai Laut Ketenangan, terletak dekat dengan ekuator bulan. Untuk studi terbaru, para ilmuwan memeriksa suhu di dalam lubang silinder yang dalamnya sekitar 100 m. 

Menurut penelitian tim, lantai lubang yang diterangi pada siang bulan, mungkin merupakan tempat terpanas di seluruh Bulan  dengan suhu sekitar 149˚C. Namun, suhu dalam jangkauan lubang yang tertutup secara permanen hanya kadang-kadang menyimpang secara signifikan dari kondisi seperti tudung di Bumi.

Lubang tersebut tidak terlalu jauh dari lokasi dua pendaratan misi Apollo NASA. Jarak antara lubang Tranquillitatis dan lokasi pendaratan Apollo 11 dan Apollo 17 sebenarnya sama, sekitar 375 km. 

Studi ini awalnya dimaksudkan untuk memberikan panduan awal untuk misi yang diusulkan oleh Laboratorium Propulsi Jet NASA untuk tahun 2020 dan akan mengirim penjelajah ke lubang Tranquillitatis untuk menyelidiki gua yang mungkin ada. 

Untuk lebih memahami sejarah awal dan evolusi bulan, Horvath menyarankan bahwa penjelajah ini akan dapat memeriksa lapisan aliran lava yang dicitrakan LRO di dinding lubang. "Dari orbit, tidak banyak yang bisa dipelajari tentang lubang-lubang ini, tetapi jika kita melakukan perjalanan ke satu secara langsung, ada banyak yang harus dipelajari."


Penulis :one
Source: Republika.co.id
DomaiNesia