Iklan

Kamis, 27 April 2023, 27.4.23 WIB
Last Updated 2023-04-27T22:31:17Z
Berita-NasionalBerita-TerkiniBerita-UtamaBeritaWargaEkonomi BisnisPemerintahansosial

Jakarta Masih Jadi Favorit Pendatang Baru

Iklan
Anggota DPD RI Dapil DKI Jakarta, Sylviana Murni/Net

Rmol News || Jakarta, - Pasca lebaran Idulfitri 1444 Hijriyah, Ibu kota DKI Jakarta masih jadi serbuan bagi pendatang baru dari berbagai daerah. Fenomena tersebut bukanlah sesuatu yang baru, atau sudah menjadi tradisi di setiap tahunnya.

Anggota DPD RI Dapil DKI Jakarta, Sylviana Murni menilai hal itu wajar, lantaran Jakarta merupakan kota yang selalu jadi harapan bagi para pendatang, terutama dari sektor ekonomi.

"Sudah dari dulu memang begitu, tapi patut kita syukuri juga bahwa Jakarta memberikan sumbangsih. Artinya, Jakarta menjadi harapan pertumbuhan ekonomi bagi semuanya," kata Sylviana, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (26/4/2023).

Pihaknya menyarankan, agar Pemprov DKI Jakarta melalui dinas terkait untuk terus melakukan monitoring terhadap kedatangan kembali pemudik, terutama yang membawa orang baru ke Jakarta.

"Ini memang bisa dibilang sudah tradisi, tapi Pemprov DKI melalui dinas terkait juga terus melakukan pengawasan kepada pemudik asal daerah yang kembali ke Jakarta, terlebih yang membawa anggota keluarga baru atau saudara dan lain lain agar terdata secara baik," ungkap Mantan Wali Kota Jakarta Pusat periode 2008-2010.

Sylviana, yang juga pernah menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta periode 2003-2005 ini, juga menyarankan kepada masyarakat daerah yang akan merantau ke Jakarta, agar terlebih dahulu membekali diri dengan keterampilan, sebagai modal untuk bekerja di Jakarta.

"Ini penting, karena seperti kita tahu bahwa jumlah penduduk Jakarta dari tahun ke tahun terus bertambah, wilayah ini semakin padat," tutur perempuan kelahiran Betawi 1958 silam.


Penulis : Ale
Editor   : Sigit

DomaiNesia