Iklan

Kamis, 27 April 2023, 27.4.23 WIB
Last Updated 2023-04-26T20:04:45Z
AdvertorialBerita-NasionalBerita-TerkiniBerita-UtamaEkoBis

Sibuk Rayakan Hari Raya, Pasar Tradisional Sepi Seperti Kuburan

Iklan
Caption. Suasana pasar tradisional Pasar Ciracas Jakarta Timur.

Rmol News || Jakarta -  Aktivitas jual beli di pasar tradisional relatif masih sepi atau belum normal pada 4 masa Idulfitri 1444 H. Seperti yang terpantau di Pasar Ciracas, Jakarta Timur. Pantauan Rmol News di lokasi, hari Rabu (26/4/2023) pagi, mayoritas kios dan lapak pedagang di dalam pasar nampak masih tutup. 

Suasana sunyi, gelap, dan sepi menyelimuti pasar ini. Hanya terlihat sedikit pedagang yang tetap berjualan, dan mereka pun mengeluhkan sepinya pembeli.

Sopi, seorang pedagang sayuran mengeluhkan penjualan hari-hari belakangan ini, tepatnya setelah hari raya Lebaran sangat sepi pembeli, sehingga banyak pedagang pasar yang memutuskan untuk menutup lapaknya.

"Sepi, sepi banget. Dari Lebaran udah sepi, makanya saya baru mulai (jualan) hari ini. Tapi nggak tau sih entar-entar. Itu (toko lain) pada tutup semua, karena sepi (penjualan)," ujar Sopi saat ditemui di lokasi.

Jaki, salah seorang pedagang daging di Pasar Ciracas mengatakan kondisi pasar sepi dari aktivitas jual beli ini terjadi sejak hari pertama setelah Lebaran Idul Fitri, "Ya dari hari pertama habis Lebaran saja. Lebaran hari Sabtu, dari Minggu sudah sepi. (Pedagang) kan ini belum jualan semuanya."

Hal senada juga disampaikan Sri, seorang pedagang daging ayam di Pasar Ciracas. Dia mengatakan, hari-hari setelah Lebaran pembeli yang biasanya datang adalah seorang penjual atau pemilik warung makan, bukan pembeli perorangan.

"Ibu mulai jual dari hari Senin, itu pasar masih sepi banget, seperti kuburan nggak ada orang. Ini daging ayam yang beli paling dari penjual saja," tuturnya.


Penulis : Ale
Editor : Adhan

DomaiNesia