Iklan

Selasa, 02 Mei 2023, 2.5.23 WIB
Last Updated 2023-05-02T10:05:26Z
Berita-TerkiniBeritaWargaPolitik

PDIP Dukung Perjuangan Buruh Mendapat Haknya

Iklan
Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (Ist)

Rmol News || Kota, - PDI Perjuangan mengucapkan selamat merayakan May Day kepada kaum buruh di seluruh Indonesia. Banteng meyakini bahwa buruh adalah elemen penting dalam pembangunan perekonomian bangsa.


Dalam dialektika ideologis yang dilakukan oleh Bung Karno bersama para pendiri bangsa lainnya, tekad melawan kapitalisme, kolonialisme, dan imperialisme dijabarkan dalam Pancasila sebagai ideologi keberpihakan terhadap buruh, tani, dan nelayan. 


“Mereka dididik, dibangun kesadarannya, diorganisir menjadi kekuatan nasionalisme baru, jalan ekonomi kerakyatan yang berdikari dengan topangan penguasaan iptek guna mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur," ujar Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto di Jakarta, Senin (1/5/2023).


"Dengan demikian peringatan Hari Buruh harus dilandasi oleh ide, gagasan, cita-cita, dan semangat pembebasan yang sama, melalui campur tangan negara sehingga ditinjau dari kemampuan, profesionalitas, kemampuan produksi, harkat dan martabat buruh serta adanya kebijakan strategis bagi peningkatan kualitas tenaga kerja Indonesia secara menyeluruh," lanjut Hasto.


Hasto mengatakan, PDI Perjuangan meminta agar semua stakeholder memiliki kesadaran yang sama agar tidak terjadi penindasan atau bahkan pengabaian hak-hak buruh secara praktik maupun dari sisi kebijakan. 


"Bahkan terhadap calon presiden yang diusung PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, melalui visi misi yang akan disusun, di mana aspek ideologis hingga kebijakan Pemerintah terhadap buruh menjadi salah satu hal yang sangat penting," ujar Hasto.


Hasto menambahkan, melalui Fraksi DPR dan DPRD PDI Perjuangan mengupayakan dialog dengan berbagai organisasi serikat buruh.


"Dalam rangka menyerap aspirasi, PDI Perjuangan sangat mendukung perjuangan buruh mendapatkan hak-haknya, termasuk soal fasilitas kesehatan dan pendidikan yang layak, dan yang tidak kalah penting membangun spirit dan daya juang prestasi," ucap Hasto.


PDI Perjuangan juga tidak mempermasalahkan bila buruh menyampaikan aspirasinya dengan melakukan demonstrasi.


"Di alam demokrasi yang tumbuh dengan baik saat ini di Indonesia, demo bisa menjadi instrumen untuk menyampaikan aspirasi dalam upaya kaum buruh mencapai kesejahteraan. Namun, diharapkan penyaluran aspirasi termasuk dengan demo dilakukan secara konstruktif dan tidak mengganggu," ujarnya.


Di sisi lain, PDI Perjuangan mendorong Pemerintah untuk selalu membuka diri dan berdialog dengan semua pihak.


"Termasuk soal penerapan UU Cipta Kerja yang masih mendapat kritikan tajam”, kata Hasto.


Hasto mengatakan, PDI Perjuangan konsisten memperjuangkan kepentingan buruh dan mendukung para pekerja Indonesia sejahtera. Meskipun dampak pandemi Covid-19 telah menyebabkan banyak tenaga kerja yang upahnya berkurang, dirumahkan dan diputus hubungan kerjanya.


"Buruh merupakan elemen penting dalam membangun perekonomian bangsa. Selamat Hari Buruh untuk seluruh buruh di Indonesia" pungkasnya. (*)



DomaiNesia