Iklan

Minggu, 02 Juli 2023, 2.7.23 WIB
Last Updated 2023-07-03T00:36:25Z
Berita-TerkiniPendidikan

Penantian Setengah Tahun PC GP Ansor Pacitan Berbuah Manis

Iklan

GP Ansor Pacitan (foto: Ist)

Rmol News || Pacitan, - Penantian panjang Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, berbuah manis. Kini, puluhan pengurus resmi dilantik, usai menunggu setengah tahun pasca terpilih.

Pelantikan itu dilakukan oleh Wakil Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor, Jawa Timur, Jamaludin Malik, di Halaman Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nurudh Dholam, Kecamatan Kebonagung.

Sesuai Surat Keputusan Pimpinan Pusat GP Ansor, Nomor: 3879/PP/SK-01/I/2023, tercatat ada 25 pengurus PC GP Ansor Pacitan yang dilantik pada Sabtu (01/07/2023) kemarin.

"Semoga yang baru saja dilantik, ke depan fokus pada pemberdayaan dan kaderisasi, serta memberikan manfaat untuk semuanya, terutama kemajuan organisasi," kata Jamaludin, sambil mengucap selamat untuk Pimpinan Cabang GP Ansor Pacitan masa khidmat 2022-2026.

Zaenal Arifin, resmi menjadi pucuk pimpinan PC GP Ansor Pacitan hingga 2026 nanti. Periode waktu empat tahun itu, bukanlah waktu yang lama untuk sebuah pengabdian. Namun, tidak sedikit tanggungjawab yang harus ia pikul, demi kemajuan organisasi.

Zaenal Arifin, Ketua PC GP Ansor Pacitan (Ist)

Mundur sejenak. Satu semester sebelum dilantik, Zaenal telah melakukan tugasnya sesuai fungsi dan tanggungjawabnya. Mulai dari kegiatan administratif, hingga pendidikan kepada anggota.

Dengan sederet kesanggupannya mengemban amanah itu, tentu masih menyisakan pekerjaan rumah yang belum bisa beres seketika. Namun apa yang sudah dimulai itu, setidaknya sudah cukup jadi langkah awal untuk terus menapak, di sisa waktu pengabdian.

"6 bulan itu kami sudah melaksanakan Konfercab di 5 PAC, tapi kami masih punya PR, masih ada 2 PAC lagi. Untuk kaderisasi kami juga sudah melaksanakan 1 kali Diro Saula, kemudian PKD sudah 2 kali dan dalam waktu dekat ini, akan ada PKD di Tegalombo dan Diklatsar di Punung," paparnya.

Zaenal membeberkan, sejauh ini fungsionalitas gerakan masih berkutat di Ansor, Rijalul Ansor, Banser, dan belum menyentuh bidang lainnya. Hal demikian, ia meminta dalam sektor hukum, pendidikan dan lainnya, dapat direspon baik oleh pengurus melalui Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor, maupun lembaga lainnya. 

Di satu sisi, ia berharap ke depan mampu memfungsikan kembali lembaga dan departemen di dalam tubuh kepengurusannya. Hal ini, kata dia, demi memberikan manfaat secara maksimal di internal Ansor, maupun masyarakat pada umumnya.

"Kita akan maksimalkan lagi fungsinya, agar memberikan manfaat, baik kepada anggota dan kepada masyarakat Pacitan secara umum," pungkasnya.



Penulis : PC GP Ansor Pacitan
Editor   : Sigit
DomaiNesia