Iklan

Jumat, 13 Oktober 2023, 13.10.23 WIB
Last Updated 2023-10-13T02:28:24Z
Berita-TerkiniBeritaWarga

Lomba Kicau Mania Tanlun PB Pacitan, Salurkan Hobi Dan Lestarikan Burung Anis Merah

Iklan
Lomba burung berkicau di Gantangan Gerdon BC, Pacitan (Ist)

Rmol News || Pacitan, -  Sukses, satu kata yang tepat untuk gelaran lomba burung berkicau yang dilaksanakan oleh komunitas burung berkicau yang menamai dirinya Tanlun PB Pacitan, pada Minggu (08/20/2023) lalu. 

Bertempat di Gantangan Gerdon BC, Kelurahan Pucangsewu, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, lomba burung berkicau dengan tajuk Piala Tanlun PB tersebut, sekaligus anniversary paguyuban ini yang sudah berusia satu dasawarsa lebih, telah berdiri tegak di Kabupaten Pacitan hingga sekarang. 

Angka 10, bukan angka yang kecil untuk sebuah usia dari paguyuban burung. Hal ini juga menjadi bukti pun indikator keberhasilan, dalam membangun kepercayaan para kicau mania dan pengiat burung kepada EO Panlon PB.

Jarum jam menunjuk angka 11, sebagai tanda acara itu dimulai. Cericit puluhan burung di gantangan itu saling bersahutan, seolah tak berhenti bersuara.

Kegiatan itu, dipandu oleh MC dan dikawal Juri Panlon PB yang sudah terbukti kredibilitas, fair play dan kualitasnya. Pun kekompakan team tanlun PB, yang dinilai jadi salah satu faktor berhasilan dari lomba tersebut. 

"Ini seiring dengan tujuan dibentuknya Paguyuban Burung Tanlun PB, untuk mewadahi para penghobi Burung Kicau khususnya Anis Merah, di mana burung ini salah satu burung lokal yang masih ada di kawasan alam Pacitan dan perlu dilestarikan," ucap Kriwil, salah satu pengurus Tanlun PB.

Dengan masih eksisnya paguyuban ini dan seiring berjalan juga konservasi Burung Anis Merah, hal ini diharapkan agar pemerintah lebih melihat dan mendukung gerakan arus bawah untuk pelestarian Burung Anis Merah, di mana habitat burung ini masih tersebar luas di Pacitan. 

"Besar harapan kami untuk mengajak pemerintah setempat (Pacitan) ikut memperhatikan dan peduli terhadap hal tersebut (Pelestarian Anis Merah)," harap Kriwil.

"Kui seh ono neng alas Pacitan lo mas, kudu dilestarikan" sambungnya.

Tak hanya tentang konservasi habitat tersebut, acara semacam ini juga bertujuan untuk menaikkan nama Kota Pacitan di tingkat nasional. Tanlun PB sendiri, kata Kriwil, memiliki target di bidang lomba burung berkicau, memiliki EO yang kompak, juri yang kredibel, jujur, fair play. 

"Harapan kami ke depan dapat menyajikan gelaran kontes burung berkicau di Pacitan dengan standart nasional di bawah EO Tanlun PB. Sehingga menjadikan EO ini sebagai referensi dan barometer burung berkicau yang siap bersaing di level regional dan nasional," katanya.

"Pokoknya burung lokal Pacitan pun kalau wes tau juara neng Tanlun, tak jamin jossss mas mesti kualitas," pungkas Kriwil, menambahkan.



Source : Tanlun PB
Editor  : Sigit

DomaiNesia