Iklan

Selasa, 20 Februari 2024, 20.2.24 WIB
Last Updated 2024-02-20T06:16:44Z
Berita-TerkiniBeritaWarga

Kelompok Ternak di Pacitan Dapat Bantuan Kambing 185 Ekor dari BAZNAS RI

Iklan
Pimpinan BAZNAS RI Kolonel Caj (Purn), Drs Nur Chamdani, saat meninjau bantuan ternak kambing di Dusun Nglaos, Desa Banjarjo, Kecamatan Kebonagung, Pacitan, (foto: RMOLNews) 

Rmol News || Pacitan, - Kelompok ternak di Dusun Nglaos, Desa Banjarjo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jatim, terpilih mendapat bantuan kambing ratusan ekor, dari Balai Ternak Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI.

Pimpinan BAZNAS RI Kolonel Caj (Purn), Drs Nur Chamdani mengatakan, bantuan tersebut merupakan program pemberdayaan ekonomi mustahik dalam sektor peternakan, di wilayah Kabupaten Pacitan. 

Menurutnya, program pemberdayaan yang dilakukan oleh BAZNAS Pusat tidak hanya terbatas pada sektor peternakan, tetapi juga meliputi kesehatan, pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan ekonomi. 

"Kami berharap program ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama bagi para peternak," ujar Chamdani, Selasa (20/02/2024).

Tercatat, bantuan kambing tersebut sebanyak 185 ekor, dengan rincian, 50 ekor betina junior, 50 ekor jantan junior, 80 ekor betina senior, dan 5 ekor jantan senior atau kawakan. "Ini kita maksudkan sebagai salah satu bentuk program Baznas di bidang pemberdayaan masyarakat," katanya.

Salah satu potensi yang dapat dikembangkan dari program ini adalah peningkatan produksi kambing untuk memenuhi kebutuhan sate klatak. Saat ini, pasar sate klatak membutuhkan 50 ekor kambing, namun pasokan masih belum mencukupi. 

"Dengan bantuan ini, kami berharap produksi kambing di Pacitan dapat meningkat, dan bahkan membuka peluang bagi pemuda yang merantau untuk pulang kampung dan mulai beternak," imbuhnya.

Untuk memastikan keberlanjutan program ini, Ketua BAZNAS RI bersama dengan BAZNAS Provinsi dan Kabupaten Pacitan melakukan peninjauan langsung ke peternak di Pacitan, dengan harapan Pacitan dapat menjadi sentra produksi kambing yang berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

Selain di Kabupaten Pacitan, lanjutnya, program serupa juga dilaksanakan oleh Baznas RI di sejumlah daerah lainnya di Jawa Timur, dengan harapan ekonomi masyarakat lebih sejahtera. "Program ini juga sudah kita laksanakan di sejumlah wilayah lain, seperti Kabupaten Jember, Gresik dan Mojokerto yang sudah mulai berjalan, dan sebagainya," pungkasnya. 



Penulis : Sigit
Editor   : Sigit

DomaiNesia