Iklan

Rabu, 10 Juli 2024, 10.7.24 WIB
Last Updated 2024-07-10T07:37:01Z
Berita-TerkiniBeritaWarga

BPN Pacitan Siap Wujudkan Kabupaten Lengkap 2024

Iklan
Penyuluhan PTSL oleh BPN Pacitan (foto: dok. BPN Pacitan)

Rmol News || Pacitan, - Kantor Pertanahan Pacitan, Jawa Timur, siap mewujudkan target kabupaten dengan julukan kota 1001 gua ini, menjadi Kabupaten Lengkap di tahun 2024.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten/Kota Lengkap adalah kabupaten/kota dengan pemetaan tanah yang sudah terdaftar keseluruhan secara resmi di Kantor Pertanahan.

Dilansir RMOLNews dari sejumlah sumber, ada keuntungan tersendiri bagi kabupaten dan masyarakat yang memiliki wilayah lengkap dan terdaftar serta terpetakan. Selain memiliki kepastian hukum hak atas tanah, juga mencegah terjadinya tumpang tindih dan sengketa, serta menutup kemungkinan terjadinya kejahatan pertanahan yang dilakukan oleh mafia tanah.

Memasuki pertengahan tahun genap ini, kantor pertanahan yang beralamatkan di Jalur Lintas Selatan (JLS), Kelurahan Ploso, Pacitan, dapat luncuran tambahan target pengukuran dan pemetaan bidang tanah, di seluruh wilayah Kabupaten Pacitan.

Merujuk data dari BPN Pacitan, penambahan target pengukuran itu dua kali lipat lebih banyak dari sebelumnya. Awalnya mendapat target 76.542 bidang tersebar di 26 desa, kini menjadi 156.000 bidang lebih tersebar di 98 desa. 

"Kurang lebih 30% bidang tanah di Pacitan belum terukur dan terpetakan. Untuk itu Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan terus melakukan sosialisasi dan percepatan pengukuran untuk mewujudkan Kabupaten Lengkap," ujar Wakhid Kurniawan, Kasubbag Tata Usaha, Kantor Pertanahan Pacitan, Rabu (10/07/2024).

Sebagai informasi, kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini merupakan Program Strategis Nasional, yang tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. 

Hal inilah yang mendorong Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan untuk terus berkomitmen dalam percepatan penyelesaian kegiatan PTSL, terutama dalam menuju Kabupaten Pacitan Lengkap. 

Hanya saja, lanjut Wakhid, semua itu memang tidak mudah. Akan tetapi, kata dia, suksesnya kegiatan PTSL 2024 ini tentunya butuh dukungan dari semua pihak, baik bupati beserta Forkopimda Pacitan, dan juga dukungan dari desa serta masyarakat setempat.

"Dukungan semua pihak ini sangat diharapkan. Bersama ini, kami juga mengimbau kepada masyarakat agar segera memasang tanda batas (patok) dan melengkapi kelengkapan berkas," pungkasnya.



Source  : BPN Pacitan
Editor   : Sigit

DomaiNesia