Iklan

SEO
Senin, 15 Juni 2020, 15.6.20 WIB
Last Updated 2022-06-12T15:46:49Z
Berita-TerkiniPemerintahanPolitikRegional

Sekdaprov Jatim Serahkan 10 Mesin PCR Pada 10 RS Rujukan

Iklan
Jatim - Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono, mewakili Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyerahkan bantuan dari BNPB atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat, berupa 10 mesin PCR (Polymerase Chain Reaction) kepada 10 kabupaten dan kota di Jatim melalui RS rujukan Covid-19.

Ke-10 RS penerima mesin PCR, yakni RSUD Sidoarjo, RSUD Kota Kediri, RSUD Bangkalan, RSUD Kab Probolinggo, RSUD Trenggalek, RSUD Bondowoso, RSUD Ibnu Sina Gresik, RSUD dr Subandi Jember, RSUD Kab Madiun, dan RSUD Kab Malang.

"Penyerahan bantuan 10 mesin PCR ini dilakukan untuk mempercepat penanganan Covid-19 di Jatim. Semakin cepat terdeteksi, maka semakin cepat pula ditangani," kata Heru saat dikonfirmasi, Senin (15/6/2020) siang.

Ia menjelaskan, mesin PCR yang diserahkan itu dapat menguji sampel ratusan pasien tiap harinya. "Satu mesin PCR ini bisa menguji sampai 200 bahkan lebih dari 300 pasien per harinya. Ini memang untuk mempercepat proses pendeteksian penyebaran Covid-19," ungkapnya.

Menurutnya, dengan percepatan pendeteksian melakui metode PCR itu maka diharapkan agar masa transisi bisa berjalan maksimal. "Jika masa transisi ini berjalan dengan baik, maka bisa segera masuk era new normal," ujarnya.

Pada masa new normal ini, lanjut dia, tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. "Seperti anjuran Ibu Gubernur (Khofifah Indar Parawansa) pada masa new normal tetap menggunanan masker, jaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau gunakan hand sanitizer," imbaunya.

Hadir dalam penyerahan mesin PCR itu, yakni Perwakilan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat, Prof dr HM. Nasser dan LO BNPB untuk Jawa Timur, Mayjen TNI (Purn) Eko Budi. Hadir mendampingi Sekdaprov Jatim, yakni Kadinkes Jatim dr Herlin Ferliana, Ketua Tim Kuratif Gugus Tugas Covid-19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi dan Ketua Tim Tracing, Kohar dr Hari Santoso. (afr/s)
DomaiNesia