Iklan

Minggu, 26 Maret 2023, 26.3.23 WIB
Last Updated 2023-04-04T16:20:27Z
Berita-TerkiniBerita-UtamaPeristiwaRegional

Waspada! Cuaca Ekstrem Berpotensi Landa Jatim Hingga 1 April

Iklan
        Foto: hujan di Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan

Rmol News || Pacitan -Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir, akan mengguyur wilayah di Jawa Timur.

"Berdasarkan analisis kondisi iklim, saat ini di Jawa Timur berada pada masa peralihan (musim hujan ke musim kemarau) atau pancaroba, yang masih terjadi hujan di sebagian wilayah di Jatim," tulis BMKG Klas I Juanda Sidoarjo, dalam press release yang dikutip RMOL News dari laman resminya, Minggu (26/3/2023).

Potensi cuaca ekstrem seperti hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti genangan air, puting beliung maupun hujan es, akan terjadi pada periode 25 Maret hingga 1 April 2023, dan hampir merata di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur.

Wilayah berpotensi terdampak cuaca ekstrem di antaranya, Batu, Jember, Jombang, Madiun, Magetan, Ngawi, Malang, Nganjuk, Kediri, Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Mojokerto, Pamekasan, Sampang, Sumenep, Bangkalan, Probolinggo, Situbondo, Pasuruan, Banyuwangi, Blitar, Tulungagung, Lamongan, Bojonegoro, Bondowoso, Tuban, Gresik, Sidoarjo, Surabaya, Lumajang.

BMKG mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan selalu memantau informasi terkini.

"Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap dampak potensi bencana hidrometeorologi pada masa peralihan/pancaroba," imbau BMKG.



Penulis : Sigit

DomaiNesia