Iklan

Kamis, 17 Agustus 2023, 17.8.23 WIB
Last Updated 2023-08-17T11:48:15Z
Berita-TerkiniBeritaWarga

HUT RI Ke 78, Desa Gendaran Pacitan Bagi-bagi Kado

Iklan
Seorang siswa menerima piagam penghargaan dari Kepala Desa Gendaran

Rmol News || Pacitan, - Segurat senyum siswa siswi di Desa Gendaran, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jatim, mengawali pagi di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78. 

Dengan penuh semangat menyambut hari, sejumlah anak-anak sekolah dasar hingga SLTA, bersama warga dan perangkat desa, berkumpul serta membuat barisan, di Halaman Balai Desa Gendaran. 

Selain untuk memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan, tak sedikit dari mereka yang menerima piagam penghargaan, sebagai kado atau hadiah dari pemerintah desa setempat.

"Semoga sekelumit tanda dari pemerintah desa di momentum Hari Kemerdekaan RI Ke 78, bisa membumbui mereka dalam menapaki masa depan," ucap Wulan Fitriana, Kepala Desa Gendaran, Kamis (17/08/2023).

Tanda yang ia maksud itu tidak lain sebagai cambuk semangat bagi generasi penerus bangsa, khususnya warga Desa Gendaran, agar terus berkarya dan berlomba-lomba mengukir prestasi. 

"Sekadar untuk memupuk semangat bagi siswa-siswi berprestasi, baik prestasi akademik maupun non akademik, mulai dari juara kelas sampai juara kabupaten, semua menerima piagam dan bantuan alat sekolah dari pemdes," ungkap Wulan.

"Jenjang SD hingga SLTA. Semoga yang tidak seberapa ini, bisa bermanfaat dan terpahat di sanubarinya kelak," sambung Wulan, seraya mengingat masa-masa sekolah.

Di satu sisi, pemdes setempat  menyerahkan bantuan alat pertanian di enam dusun, sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Bantuan tersebut di antaranya berupa, alat tanam benih, alat pemotong padi, perontok padi dan hand traktor. 

Menurut Wulan, guna meningkatkan ekonomi warga, pihaknya juga melakukan optimalisasi kelompok tani (poktan) yang bekerjasama dengan pendamping pertanian, dengan cara melakukan pelatihan-pelatihan, memberikan bantuan alat pertanian modern, dan pendampingan melalui poktan di masing-masing dusun.

"Selain itu, juga diserahkan bantuan rumah tidak layak huni (RTLH) kepada sejumlah warga masyarakat senilai Rp10 juta," pungkasnya.



Penulis : Sigit
Editor   : Sigit

DomaiNesia