Iklan

Selasa, 26 September 2023, 26.9.23 WIB
Last Updated 2023-09-26T09:37:28Z
Berita-NasionalBerita-TerkiniBeritaWargaPolitik

Ini Alasan Puluhan Ulama dan Kiai di Kabupaten Cirebon Teguhkan Hati untuk Ganjar

Iklan

Rmol News || Cirebon, Jabar - Puluhan ulama dan kiai di Kabupaten Cirebon meneguhkan hati untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden Indonesia pada 2024. Sebab, keberpihakan Ganjar terhadap masyarakat, pondok pesantren, dan ulama tak perlu diragukan lagi.

Hal ini diungkapkan dalam Halaqah Ulama Merah Putih di Pondok Pesantren As Sholihah, Jalan Gondang Manis, Desa Babakan, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada Minggu (24/9/23).

Selama memimpin Jawa Tengah dua periode, Ganjar selalu menerima aduan-aduan ataupun aspirasi masyarakat semua golongan serta sat set dalam mencari solusinya.

"Calon presiden yang seperti inilah, yang kalem gitu loh, lincah dan terkomunikasikan dengan masyarakat bawah terutama masyarakat kaum fakir miskin gitu ya kemudian orang-orang yang membutuhkan bantuan kesehatan dan otomatis pendidikan dan itu ada sama Pak Ganjar sosoknya adalah mudah untuk dijumpai," kata KH Rumli Kamali dari Pondok Pesantren Al Huda Kabupaten Cirebon.

Dalam menanggulangi kemiskinan di Jateng Ganjar menggenjot program Tuku Lemah Oleh Omah. Sejak 2020-2022 sebanyak 639 rumah berhasil dibangun untuk warga pra sejahtera, sementara ada 615 rumah juga mulai dibangun pada 2023.

Ganjar juga memutakhirkan layanan aduan masyarakat berbasis digital, LaporGub serta menjadikan akun media sosial pribadinya sebagai ruang aduan sebagai respon cepat melayani rakyat.

Kepada ponpes, Ganjar telah menyalurkan sebanyak Rp 18,97 miliar untuk 549 pondok pesantren sepanjang tahun 2017-2022. Dana tersebut berasal dari pengelolaan zakat ASN Pemprov Jateng bekerjasama dengan Baznas.

"Pak Ganjar sudah membuktikan kepemimpinan selama menjadi gubernur di Jawa Tengah sangat respons dan ini sesuai dengan harapan kami. Bahwa begitulah selayaknya sebagai pemimpin tidak mungkin mengabaikan aspirasi sekecil apapun dan Pak Ganjar kelihatannya dan sudah teruji merespon berbagai macam masalah baik besar maupun kecil," jelas dia.

"Saya berharap dengan artinya mendukung Pak Ganjar ini, Pak Ganjar ini bisa lebih perhatikan masyarakat-masyarakat kecil terutama umkm dan pondok pesantren khususnya kemudian jebolan-jebolan pesantren bisa terakomodasi semuanya keilmuannya," imbuh dia.

Senada, Kiai Baequni M Haririe dari ponpes Mahadul Ilmy percaya bahwa Ganjar Pranowo mampu memegang amanah lebih besar sebagai Presiden Republik Indonesia serta membawa kesejahteraan bagi rakyat.

"Saya yakin melihat jejak rekam pak Ganjar memimpin jawa tengah itu memiliki dasar-dasar pondasi amanah itu, tinggal ini tanggung jawab nya lebih besar lagi karena tidak hanya jawa tengah tapi seluruh Indonesia pelosok dan sebagainya," ungkap Kiai Baequni.

Diketahui, Halaqah Ulama Merah Putih dihadiri puluhan ulama meliputi KH Rumli Kamali dari Ponpes Al Huda, KH Khaerul Anam dari Ponpes Dahlia, Ustaz Subhan Baehaqi dari Ponpes Baitu As-Sholihat, KH Salman Al Farisi dari Ponpes Hasan Wahid, Kiai Ubay Baequni dari Ponpes Ma'hadul Ilmi, serta kiai dan ulama lainnya di Kabupaten Cirebon. 


Penulis : Adhan

DomaiNesia