Iklan

Jumat, 22 Maret 2024, 22.3.24 WIB
Last Updated 2024-03-22T13:27:39Z
Berita-TerkiniBeritaWargaPemerintahRegional

BPN Pacitan Ajak Warga Sukseskan PTSL 2024

Iklan
Kantor Pertanahan Pacitan, di Jalur Lintas Selatan (JLS), Kelurahan Ploso (foto: Ist).

Rmol News || Pacitan, - Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, mengajak masyarakat setempat untuk turut mensukseskan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di tahun 2024 ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada tahun genap ini, wilayah yang mendapat julukan kota 1001 gua dapat progam PTSL dengan target sebanyak 66.000 bidang. Puluhan ribu bidang tersebut, tersebar di 26 desa yang ada di 7 kecamatan. 

"Mari, kita sukseskan PTSL 2024 di Kabupaten Pacitan ini," ajak Wakhid Kurniawan, Kasubbag Tata Usaha, Kantor Pertanahan Pacitan, Jumat (22/03/2024) siang.

Wakhid menerangkan, progam tersebut merupakan kegiatan pendaftaran tanah pertama kali yang dilakukan secara serentak bagi semua objek tanah di seluruh wilayah Republik Indonesia (RI), dalam satu wilayah desa/kelurahan.

Menurutnya, persyaratan bagi masyarakat yang mengikuti progam tersebut cukup mudah. Warga, kata dia, hanya mengumpulkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), PBB dan bukti kepemilikan tanah (leter C/AJB/Akte Hibah/Surat Pernyataan Penguasaan Fisik Bidang Tanah). 

"Selain itu, tanda batas juga harus terpasang patok, agar memudahkan ketika dilakukan pengukuran," terangnya.

Pun biaya PTSL, lanjut dia, telah tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, dengan poin penting yakni menetapkan jenis kegiatan, jenis biaya, dan besaran biaya yang diperlukan dalam pelaksanaan persiapan PTSL. 

"Ditambah dengan Peraturan Bupati Pacitan Nomor: 6 Tahun 2020, tentang pembiayaan persiapan PTSL yang dibebankan kepada masyarakat di Kabupaten Pacitan," urainya.

Namun demikian, Wakhid berharap kegiatan PTSL Tahun 2024 ini mampu memetik hasil positif, seperti yang sudah terlaksana pada tahun-tahun sebelumnya. Suksesnya kegiatan tersebut, ungkap dia, tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak.

"Dukungan bupati beserta Forkopimda Pacitan, dan tentunya dukungan dari desa serta masyarakat itu sendiri sangat diharapkan, untuk suksesnya kegiatan PTSL di tahun ini," imbuh Wakhid, sembari mengimbau kepada masyarakat, agar segera memasang tanda batas (patok) dan melengkapi kelengkapan berkas.




Penulis : Sigit
Editor   : Sigit

DomaiNesia