Iklan

Sabtu, 02 Maret 2024, 2.3.24 WIB
Last Updated 2024-03-02T06:48:29Z
Berita-TerkiniPemerintahanPemilu 2024PolitikRegional

Rekapitulasi DB1 Tingkat Kabupaten, Ibas Raih Suara Teratas

Iklan
Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY), Caleg DPR RI Dapil Jatim VII (foto: ist)

Rmol News || Pacitan, - Rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten daerah pemilihan (Dapil) Jawa Timur VII pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024 telah usai. Berdasarkan data yang masuk per 1 Maret 2024, Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) dinyatakan unggul dengan total lebih dari 300 ribu suara. 

Tak tanggung-tanggung, Edhie Baskoro alias Ibas mendapat suara tertinggi di Dapil Jatim VII, yang meliputi Kabupaten Pacitan, Trenggalek, Ngawi, Magetan, Ponorogo, dan telah melaksanakan Rapat Pleno Rekapitulasi Suara selama 2-3 hari. 

Berdasarkan data DB1 hasil rekapitulasi perhitungan perolehan suara per kabupaten, Edhie Baskoro Yudhoyono meraih 318.223 suara. Sementara, untuk Partai Demokrat dapat 62.482 suara, dan total secara keseluruhan 476.618 suara.

Perolehan suara EBY tersebut juga linear dengan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo-Gibran yang mengantongi suara 65%, bahkan di Kabupaten Pacitan sendiri mencapai 70%.

Salah satu Tim Real Count C1 Posko Pemenangan EBY, Parlindungan Siahaan menyampaikan bahwa rekapitulasi hasil tingkat kabupaten telah sesuai. "Hasil DB1 sesuai dengan data C1 yang kami miliki dan tabulasi yang dilakukan tim, bahkan ada penambahan jumlah suara di beberapa TPS (tempat pemungutan suara). Sepertinya Mas Ibas bisa juara Pileg suara terbanyak se-Nasional lagi tahun ini," terang Parlin.

Senada dengan tim, salah satu saksi Partai Demokrat Kabupaten Pacitan, Krisyanto juga menyatakan bahwa hasil rekapitulasi suara telah sesuai. "Hasil (rekapitulasi suara) sesuai dengan C1 yang kami miliki, dan ditandatangani oleh hampir seluruh saksi partai politik," jelas Krisyanto.

Mendapatkan hasil yang menggembirakan ini, Ibas menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada masyarakat, tim, dan relawan EBY. “Alhamdulillah, bersyukur. Terima kasih dan penghargaan tinggi untuk seluruh timses serta relawan Edhie Baskoro Yudhoyono, yang selama ini bergerak tak kenal lelah melakukan sosialisasi dan berkampanye dengan cara yang baik, santun, dengan cara yang Allah ridhoi,” ucap Ibas melalui WAG (Whats App) yang terkirim.

“Mohon maaf jika selama seluruh tahapan ada salah kata, salah gerak, dan salah komunikasi di antara kita dan rakyat. Yakinlah, apa yang saya (kami) lakukan selama ini demi aspirasi dan kepentingan masyarakat Dapil Jatim VII yang tercinta,” imbuhnya.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI ini juga berpesan agar terus mengawal rekapitulasi berjenjang hingga selesai di tingkat nasional. “Semoga Tuhan YME, Allah SWT, limpahkan kesehatan dan keberkahan untuk seluruh timses dan relawan EBY. Saatnya kita kawal suara hingga tuntas. Insyaallah amanat dan mandat rakyat akan kita jalankan sebaik-baiknya,” ungkap Ibas.

Tidak lupa, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat ini juga mengucapkan rasa terima kasih yang begitu besar kepada masyarakat yang telah memberikan suara untuk dirinya dan Partai Demokrat. “Matur sembah nuwun (terima kasih banyak) bapak, ibu, panjenengan sedherek sedoyo (saudara sekalian) yang telah berikan total suara EBY sebesar 318.223 dalam Pileg 2024. Mari kita terus bersinergi lanjutkan pembangunan serta perkuat persatuan dan kerukunan,” pesan Ibas.

Salah satu masyarakat yang turut mengikuti perkembangan penghitungan suara di Posko Pemenangan EBY, Yoga ikut merasa senang melihat perolehan suara Ibas dan Partai Demokrat. "Kami benar-benar bangga, kami percaya bahwa Mas Ibas bisa menang di Pemilu 2024 ini. Saya merasakan hasil kerja Mas Ibas sebagai wakil rakyat dan Partai Demokrat yang selalu bersama rakyat di Dapil Jawa Timur VII. Mudah-mudahan ini bisa terus berlanjut. Maju terus untuk Mas Ibas dan Partai Demokrat!" ungkap Yoga.

“Ibas Ibas Ibas… Oke..! Ibas Ibas Ibas… Selalu di hati..! Masyarakat Dapil Jatim VII Joss..! Matur nuwun sanget sedherek sedoyo..,” sebagai kalimat penutup Ibas.



Penulis : Red
Editor   : Sigit

DomaiNesia