Iklan

Minggu, 03 Maret 2024, 3.3.24 WIB
Last Updated 2024-03-03T13:40:03Z
Berita-TerkiniPemerintahTNI

Upaya Nyata TNI Wujudkan Swasembada Pangan, Kodim 0801 Pacitan Laksanakan Penanaman Jagung

Iklan
Penanaman jagung oleh Kodim 0801 Pacitan bersama Forkopimda setempat, Minggu (03/03/20224) (foto : ist)

Rmol News || Pacitan, - Pagi ini, Kodim 0801 Pacitan gelar tanam perdana jagung bersama jajaran Forkopimda, di Lingkungan Satuan Kodim setempat, Jalan Letjen Suprapto Nomor 42 Pacitan, Minggu (03/03/2024). 

Kegiatan penanaman jagung dilaksanakan secara serentak oleh masing-masing satuan jajaran Kodam V/Brawijaya. Tak terkecuali Kodim 0801 Pacitan, sebagai upaya nyata TNI dalam mendukung pemerintah untuk mewujudkan swasembada pangan nasional. 

Tak hanya itu, dengan memanfaatkan lahan tidur yang dimiliki TNI AD secara maksimal, diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat menjadi lebih baik. Selain itu, juga menjadi contoh bagi wilayah lain dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan.

Dandim 0801 Pacitan, Letkol Inf Roliyanto mengatakan bahwa, kesuksesan dalam mendukung program ketahanan pangan juga tidak lepas dari komitmen bersama, baik dengan pemerintah daerah, Dinas Pertanian, maupun kelompok tani, sehingga berbagai kendala di lapangan dapat diselesaikan dengan baik. 

"Terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang diberikan, mudah-mudahan melalui penanaman jagung serentak ini dapat meningkatkan hasil produksi pertanian, sehingga angka kemiskinan khususnya di Kab. Pacitan menurun," ujar Dandim, saat memberikan sambutannya. 

Lebih dari itu, kegiatan penanaman perdana jagung tersebut juga sebagai tindak lanjut arahan dari Presiden RI, melalui Menteri Pertanian RI untuk meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia.

"Diharapkan dengan penanaman jagung ini, Indonesia tidak lagi mengalami kekurangan pangan, sehingga ke depan bisa menjadi lebih maju dan sejahtera menuju Indonesia emas," ungkapnya. 

Hadir dalam kegiatan itu diantaranya, Letkol Inf Roliyanto S.I.P.,M.I.P (Dandim 0801/Pacitan), Ronny Wahyono (Ketua DPRD Kab. Pacitan), Kompol Pujiyono SH (Wakapolres Pacitan), Eri Yudianto, S.H., M.H. (Kajari Pacitan), Sugeng Santoso, S. Sos ,MM (Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pacitan), dr. Khairunnisa, S.P.D,.M. Biomed (Ketua Persit KCK Cabang XV Pacitan), Agus (Kabid Dinas Pertanian Pacitan), Subiyanto (Perhutani Pacitan), serta Kelompok Tani Pacitan.




Soorce : Kodim 0801 Pacitan
Editor  : Sigit

DomaiNesia