Iklan

Kamis, 27 Juni 2024, 27.6.24 WIB
Last Updated 2024-06-27T09:18:32Z
Berita-TerkiniBeritaWargaekonomiEkonomi BisnisTechnology

Sah, PT PLN NP UP Pacitan Teken Kerja Sama dengan Sungai Maron

Iklan
Pokdarwis Sungai Maron bersama PLN NP UP Pacitan (foto: RMOLNews) 

Rmol News || Pacitan, - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sungai Maron, Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, dapat dukungan dari PT PLN Nusantara Power UP Pacitan.

Diketahui, dukungan tersebut tidak lain merupakan tindak lanjut permohonan kerja sama Pokdarwis Sungai Maron, perihal program pengembangan potensi wisata susur sungai.

"Ini dalam rangka CSR atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Semangatnya adalah, kami dari BUMN  ingin mengembangkan wisata Sungai Maron agar terus berkembang," ujar Abdi Nafi, Senior Manager PT PLN Nusantara Power UP Pacitan, Kamis (27/06/2024).

Di satu sisi, PT PLN NP UP Pacitan juga mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setempat agar lebih baik lagi. "Kami juga akan memberikan pembinaan terhadap UMKM di sini, sehingga ke depan perekonomian masyarakat makin meningkat," katanya.

Menurutnya, Sungai Maron dipilih karena terdapat keunikan dari objek wisata yang disajikan dan masih asri. "Sungai Maron ini unik, dan jarang. Selain itu masyarakat di sini peduli terhadap lingkungan, semangat dan kompak," imbuh Abdi.

Pokdarwis Sungai Maron bersama PLN NP UP Pacitan teken kerja sama (foto: RMOLNews) 

Terpisah, Ketua Pokdarwis Sungai Maron, Dedy Dwi Hardiyanto menyampaikan terima kasih atas suport dari PLTU Pacitan. Hal ini, kata dia, dapat memantik semangat bagi para pengelola objek wisata tersebut.

"Kami sangat berterima kasih dengan adanya CSR dari PLTU ini. Dengan ini kami sangat terbantu sekali untuk meningkatkan kunjungan wisata di Sungai Maron ini," katanya.

"Untuk bantuan pada tahap awal ini kami diberikan seragam kaos driver perahu, dan tahap kedua pembangunan infrastruktur lokasi wisata. Sedangkan tahap ketiganya peningkatan UMKMnya," lanjutnya.

Sebagai informasi, anggota Pokdarwis Sungai Maron tercatat ada 136 orang, dengan armada perahu sejumlah 126 buah. Catatan pengunjung, rerata 1.500-2.000 orang setiap pekan. "Untuk harga tiket per perahu Rp100 ribu, dengan penumpang maksimal 3 sampai 4 orang," tukasnya. 





Penulis : Sigit
Editor   : Sigit

DomaiNesia